Sabtu, 03 Maret 2012

Penjahat itu Orang Miskin


Kejahatan bisa terjadi dimana saja. Pelakunya pun bisa siapa saja, tidak pandang bulu. Kejahatan itu luas cakupannya ada kejahatan kemanusiaan, ada kejahatan seksual, kekerasan, korupsi, kolusi, nepotisme, pencurian, penggelapan, mark up dan lain-lain.

Motif kejahatan kebanyakan bermotif ekonomi atau karena kebutuhan ekonomi.Namun ada pula yang karena keserakahan sehingga mendorong seseorang untuk berbuat kejahatan. Banyak contoh kejahatan yang disebabkan karena keserakahan seperti korupsi dan mark up.

Pelaku kejahatan menurut saya adalah orang-orang yang sangat miskin. Mereka terjebak dalam kemiskinan sehingga mereka rela menjadi seorang penjahat seorang mafia. Miskin disini tidak terbatas pada miskin secara ekonomi namun mereka adalah orang-orang yang miskin moral, miskin iman, miskin rasa kemanusiaan, miskin akan norma-norma.

Karena mereka miskin akan aspek-aspek tersebutlah mereka akhirnya berani berbuat kejahatan, mereka miskin iman sehingga mereka tidak takut lagi akan adanya pembalasan dari Tuhan yang Maha segalanya dan Tuhan yang Maha adil. Mereka tidak sadar bahwa setiap perbuatan pasti ada balasannya.

Mereka miskin moral, mereka berbuat kejahatan seakan mereka hidup sendiri, seakan mereka tidak terikat oleh moral dan norma-norma di masyarakat.

Miskin akan harta tidaklah hina, tidak pula memalukan. Yang hina dan memalukan adalah ketika kita sudah miskin iman, miskin moral, miskin norma-norma. Dan kemiskinan tersebut saya yakini akan bisa menghancurkan hidup orang banyak bahkan bisa menghancurkan suatu bangsa.

Semoga di negeri ini masih banyak orang memiliki kekayaan iman, kekayaan ahlak, kekayaan moral untuk dibagi kepada orang disekitarnya, menyebarkan kebaikan. Sehingga kita bisa mengikis kemiskinan akan iman, kemiskinan moral dan kemiskinan norma tersebut. Semoga!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tulis Komentar Anda Disini