Sabtu, 21 April 2012

Pisang Gapit


Bagi anda yang penggemar berwisata kuliner saya menyarankan untuk mencoba hidangan ini. Pisang gapit sanag cocok dinikmati disore hari terlebih pada saat hujan dan dihidangkan selagi panas, hmmm...nikmat.

Pisang gapit jika anda yang berasal dari daerah Jawa Barat pasti tahu Colenak (Dicocol Enak), pisang gapit kurang lebih seperti colenak dari Jawa Barat. Bahan-bahannya berupa Pisang yang setengah matang, gula merah, dan nangka. Kenapa disebut pisang gapit? Karena dalam proses pembuatannya pisangnya digapit/ dicapit lalu dipipihkan lalu dibakar diatas bara arang.

Setelah matang lalu disiram dengan 'saus' / adonan dari gula merah dan potongan nangka. Nah, bedanya dengan colenak adalah penggunaan kacang tanah. Jika dalam colenak 'saus' gula merahya ditambahkan taburan kacang tanah bubuk.

Di Kota Minyak pisang gapit cukup terkenal dan dengan mudah bisa ditemukan, terlebih jika sore hari penjualnya cukup banyak disekitar pantai melawai dan dekat Pelabuhan Semayang. Penggemarnya pun cukup banyak, oh iya selain rasa yang standar untuk variasi rasa saat ini banyak penjualnya yang menambahkan variasi rasa dengan pilihan Pisang Gapit Keju dan Pisang Gapit Coklat. Dua-duanya sangat menggugah selera. Silahkan dicoba dan diicip jika anda kebetulan berkunjung ke Balikpapan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tulis Komentar Anda Disini